Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen FEB Unram Gelar Pengabdian Masyarakat Bertajuk “HANTAM” di Dusun Melepah Lombok Utara

By Published On: 10 September, 2024

Lombok Utara, 1 September 2024 – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Bersatu Dalam Aksi, Bangun Sinergi Dengan Sejuta Tindakan Dalam Satu Tujuan” melalui program HANTAM (HMJ Manajemen Terjun Masyarakat). Kegiatan ini berlangsung di Dusun Melepah, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan sasaran utama masyarakat dan anak-anak Dusun Melepah pada awal bulan september 2024.

Kegiatan pengabdian ini dihadiri sebanyak 330 mahasiswa dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan edukatif dan sosial yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Adapun narasumber dan pengisi kegiatan antara lain:

  • Ilsa Ayu Windari: Sosialisasi Edukasi Seksual & Pernikahan Dini
  • Departemen Edukasi: Kelas Mengajar
  • Monalisa, S.Tr.Gz: Penyuluhan Stunting
  • Hadrun Maulana, S.Kep.Ners: Cek Kesehatan

Berbagai kegiatan diadakan sebagai rangkaian dari pengabdian ini, yaitu: (1) Kelas Mengajar dan Pojok Baca yang melibatkan 116 siswa/i SDN 3 Gumantar; (2) Sosialisasi Pernikahan Dini dan Edukasi Seksual, yang diikuti oleh 108 siswa/i SDN 3 Gumantar serta siswa MTs. Sunanul Huda NW Melepah; (3) Penyuluhan Stunting dan Cek Kesehatan, yang menjangkau 56 warga Dusun Melepah.

Masyarakat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam kegiatan sosial, memperkuat relasi dan memperkenalkan keindahan dan potensi Dusun Melepah. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus aktif dalam kegiatan sosial serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan.