BAPPEDA LOMBOK TENGAH JALIN KOLABORASI DENGAN FEB UNRAM DALAM PENGEMBANGAN RISET DAN INOVASI DAERAH

By Published On: 25 April, 2024

BAPPEDA LOMBOK TENGAH JALIN KOLABORASI DENGAN FEB UNRAM DALAM PENGEMBANGAN RISET DAN INOVASI DAERAH

Pada Selasa, 23 April 2024, Ruang The Gade Creative Lounge. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) kedatangan Tim Perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Tengah. Kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas tentang Kolaborasi Pengembangan Riset dan Inovasi Daerah yang menjadi fokus penting bagi kemajuan daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Tim perwakilan dari Bappeda Lombok Tengah menyampaikan pandangan bahwa riset dan inovasi memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Hal ini terutama terkait dengan peningkatan daya saing daerah serta kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang muncul, seperti pengembangan wisata berkelanjutan, dampak perubahan iklim, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan peningkatan tata kelola yang baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan. Kolaborasi ini melibatkan pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dunia usaha, dan masyarakat secara luas melalui kegiatan yaitu, “Jalin Aksi Membangun Kolaborasi” (JAMBORE) Riset dan Inovasi Daerah.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah rekomendasi dan rencana terkait riset dan inovasi yang sesuai dengan prioritas daerah, pembentukan jaringan kolaborasi riset dan inovasi daerah yang berkelanjutan, serta menghasilkan inovasi-inovasi yang akan dilaporkan dalam IGA 2025.

Pertemuan antara Tim Perwakilan Bappeda Lombok Tengah dan FEB Unram tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi antarinstansi untuk mendukung pengembangan riset dan inovasi daerah demi tercapainya kemajuan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat.